Cara setting access point asus wireless router RT-N12+ - LKS Papua Barat 2016

Sekilas tentang Access Point. Access Point adalah sebuah perangkat jaringan yang berisi sebuah transceiver dan antena untuk transmisi dan menerima sinyal ke dan dari clients remote. Dengan access points (AP) clients wireless bisa dengan cepat dan mudah untuk terhubung kepada jaringan LAN kabel secara wireless. Access Point biasaya digunakan untuk menyebarkan jaringan Wifi. Alat ini banyak kita temukan di tempat-tempat yang menyediakan layanan wifi gratis ataupun berbayar seperti caffe, bandara, warnet, dan tempat-tempat lainnya. Yang paling sering kita kenal adalah alat ini digunakan untuk menyebarkan sinyal wifi agar dapat diakses oleh client atau pengguna jaringan baik melalui hp maupun laptop.

Pengaturan Accsess Point
  1. Dalam pembahasan ini, saya menggunakan Access Point ASUS Wireless router RT-N12+ dengan ketentuan sebaagai berikut: (1) IP address default dari Access Point ini adalah 192.168.1.1 dengan username admin dan password admin, (2) Keamanan WPA-PSK autentication menggunakan pre-shared key, (3) Nama jaringan wifinya (SSID) saya beri nama AP-LKS, SSID broadcast “disable” artinya SSID dari Access Point tidak kelihatan, (4) Menggunakan mode Bridge (Access Point Mode), yaitu hanya meneruskan jaringan dari ISP.
  2. Pada umunya setiap Access Point tertera IP address, username dan password default yang digunakan untuk mengkonfigurasi di bagian belakang Access Point.
  3. Untuk memulai mengkonfigurasi, gunakan kabel Stright lalu samakan IP LAN di PC windows-nya dengan cara click kanan pada icon Network di bagian kanan taskbar kemudian pilih Open Network and Sharing Center, Change Adapter Settings, double click pada LAN, TCP/IPv4, Uses the following IP address lalu isikan seperti gambar atau sesuai dengan IP Access Point anda!
  4. Lalu tes koneksi dengan mencoba ping ke alamat Access Point dalam hal ini 192.168.1.1. Lihat gambar!
  5. Jika sudah terhubung, buka Web Browser (saya menggunakan Google Chrome) lalu ketikan IP Access Point di address bar. Akan muncul login page seperti gambar berikut. Login dengan username admin dan password admin.
  6. Kita sekarang berada di jendela pengaturan Access Point. Lalu pada tab Advanced settings pilih Wireless, kemudian pada tap General isikan Seperti pada gambar atau  sesuaikan sesuai dengan konfigurasi anda. Hide SSID artinya nama jaringan Wirelessnya tidak akan kelihatan.
  7. Simpan konfigurasi dengan cara mengclick tombol apply. Kemudian, masih di tab Advanced Settings pilih Administration lalu pada tab Operation Mode kita pilih Accsess Point (AP) Mode. Lihat Gambar! Wireless Router Mode dipilih apabila kita ingin menjadika Access Point sebagai router, Repeater Mode dipilih sebagai mode penguat, dan Access Point Mode dipilih apabila kita ingin menjadikan Access Point sebagai jembatan antara ISP dengan Client.
  8. Kemudian Click save untuk menyimpan pengaturan.
  9. Ketika muncul pertanyaan Use LAN IP automatically pilih NO lalu OK.
  10. Cabut kabel LAN yang terhubung dengan PC , lalu klick icon Network di pojok kiri bawah PC anda. Kemudian pilih hidden network lalu isikan SSID dan Password dari WiFi yang anda buat kemudian click OK.

Sekian, selamat mencoba....

Oleh:
ariesrutung95

Post a Comment

Jangan lupa tinggalkan komentar.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA