Membuat File ISO dengan Nero StartSmart



Syaloooommmm bro and sis..... pada pertemuan kali ini saya akan membagikan kepada bro and sis bagaimana cara membuat file ISO yang biasanya dipakai untuk membuat file instalan sistem operasi atau mengemas beberapa aplikasi sekaligus untuk kemudian diburing atau dibakar dalam satu kepingan CD atau DVD. Kalau bro and sis mungkin sering menggunakan Aplikasi Power Iso untuk membuat file iso karena mudah, tetapi dalam tutorial ini saya menggunakan Aplikasi Nero StartSmart Essential yang caranya tidak kalah mudah dan bahkan lebih mudah dari yang bro and sis pernah lakukan sebelumnya. Kurang lebih tampilan Aplikasi Neronya seperti berikut.
 Langkah-langkah pembuatanya adalah sebagai berikut:
1.  Buka aplikasi nero yang sobat miliki lalu kemudian pada jendela tampilan Nero StartSmart Essential pilih menu Favorites atau Data yang seperti gambar kertas lalu pilih opsi Make Data DVD. Lihat gambar berikut!
2.   Akan terbuka jendela seperti gambar di bawah ini. Lalu tambahkan file yang akan anda jadikan satu dalam bentuk ISO dengan cara memilih opsi Add. Lihat gambar berikut!
3.  Dalam contoh ini saya akan membuat file ISO dari beberapa aplikasi standar yang saya miliki. Cara untuk menambahkannya adalah dengan cara memblok (ctrl + A) file yang akan anda tambhkan atau dengan menekan tahan tombol ctrl di keyboard lalu klik file yang akan di tambahkan kemudian klik pilihan add. Lihat gambar beriku!
4.    Tampilannya akan seperti ini setelah anda menambahkan file-file yang ingin dijadikan satu dalam bentuk ISO kemudian klik next. Look at the picture bellow!
 5.   Akan muncul jendela seperti di bawah ini, lalu pada pilihan Current recorder pilih image recorder (DVD), dan pilihan Disk name diisi sesuai keinginan bro adn sis kemudian pilih Burn. Lihat gambar berikut!
 6.  Lalu akan muncul jendela seperti di bawah ini yang merupakan pilihan untuk menentukan lokasi penyimpanan dan tipe file yang akan kita buat. Pada pilihan file name isikan sesuai keinginan bro and sis, dan pilihan save as type pilih pilihan ISO Image File (*.iso) lalu klik pilihan Save. Lihat gambar berikut ini!
 7.    Kemudian proses burning akan berjalan seperti di bawah ini. Lama tidaknya proses ini tergantung pada besar tidaknya ukuran file. Lihat gambar di bawah ini!
 8.     Jika muncul perintah selanjutnya pilih OK atau next. Hasilnya seperti pada gambar berikut!
 9.   Seteleh proses pembuatan file ISOnya selesai, jika ingin dibarning maka caranya cukup mudah. Cari file ISO yang tadi kita buat, lalu klik kanan pada file ISO tersebut kemudian pilih Burn Disk Image. Lihat gambar berikut untuk lebih jelasnya.
10.  Maka jendela seperti gambar di bawah ini akan muncul. Masukkan kepingan CD ke CD-ROM PC bro and sis, jangan lupa contreng pada kotak verify disk after burning lalu klik Burn. Tunggu samapai proses burning selesai biasanya dengan sendirinya CD-ROM terbuka menandakan proses burning selesai.
11. Sekian tutorialnya semoga menambah wawasan buat bro and sis yang haus akan ilmu pengetahuan..... Selamat mencoba, semoga berhasil, Tuhan Yesus memberkati.............

Post a Comment

Jangan lupa tinggalkan komentar.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA