Konfigurasi Web Server di Cisco Packet Tracer

Salah satu layanan yang paling sering disediakan oleh Server adalah layanan Web. Salah satu alasanya dari penggunaan Web Server adalah dia bebas platform. Semua Aplikasi yang berjalan di atas Web hanya perlu menyesuaikan dengan Web Browser pengguna. Web Server adalah sebuah penyedia layanan dengan Protocol HTTP. Web Server juga dikenal dengan nama HTTP Server, menyediakan kemampuan untuk mengirimkan dokumen hyper-text kepada pengguna. Dokumen Hypertext itu nantinya digunakan untuk dijadikan tampilan.
Cukup bicara panjang lebarnya, langsung saja ke KTP eh...maaf TKP maksudnya. Langkah yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut:
1.Buka Aplikasi Cisco Packet Tracer kalian dan buatlah Topologi seperti berikut. Kemudian hubungkan PC ke Server kabel Stright. Lihat gambar berikut sebagai contoh!
2. Atur IP Address pada Server dengan cara klik pada Server kemudian pilih tab desktop >> IP Configuration. Isi seperti pada gambar berikut. Kemudian tutup jika sudah selesai.
3.  Masih di jendela yang sama, klik pada tab Config kemudian pilih services >> HTTP seperti gambar beikut. Pastikan Power HTTPnya ON atau aktif. Kemudian kreasikan file HTML yang ada sesuai dengan selera anda. Contoh singkatnya ada pada gambar berikut. Kemudian tutup jendela tersebut.
4.  Kembali ke PC Client, atur IP Address pada PC Client dengan cara klik pada PC kemudian pilih tab desktop >> IP Configuration. Sama seperti pada langkah 2. Isi seperti pada gambar berikut. Kemudian tutup jika sudah selesai.
5. Masih di tab Desktop PC Client kemudian pilih Web Browser lalu ketikkan alamat IP Server di kolom URL lalu enter. Maka hasilnya akan menjadi seperti berikut ini!


Itu tadi cara setting Web server di Cisco Packet Tracer. Jika ada yang kurang dipahami, silahkan dikomentari. Selamat mencoba semoga berhasil....

=========
Oleh:
ariesrutung95

Post a Comment

Jangan lupa tinggalkan komentar.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA