Potret hutan Gunung Meja Manokwari - Papua Barat

Hutan merupakan tanah luas yang ditumbuhi pohon-pohon yang biasanya tidak dipelihara  orang atau tumbuh secara liar. Hutan memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Di Provinsi Papua Barat terdapat banyak hutan yang masih belum disentuh dan masih terasa kealamiannya baik yang dilindungi oleh pemerintah daerah maupun tidak.

Adalah Hutan Gunung Meja yang terletak di Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat. Hutan Gunung Meja merupakan jenis hutan lindung juga sebagai habitat dari beberapa makhluk hidup. Hutan ini belum disentuh oleh pembangunan dan kodisi hutannya masih alami serta belum ada aktivitas pembukaan lahan. Di hutan Gunung Meja terdapat begitu banyak poho-pohon besar nan tinggi yang diperkirakan berusia sekitar puluhan tahun, sudah berlumut dan kulit luarnya sudah terkupas. Ketika kita menyusuri hutan Gunung Meja melewati jalan yang disediakn pemerintah, kita akan menemukan beberapa pohon di pinggir jalan yang diberi lebel, berisikan keterangan tentang nama pohon itu dalam indonesia dan bahasa ilmiah, menghirup udara segar dan terasa dingin namun menakutkan. Pohon-pohon yang diberi lebel itu merupakan penanda suku pohon yang sejenis atau satu rumpun yang tingginya mencapai belasan bahkan puluhan meter. Banyak satwa yang hidup di hutan ini seperti burung, moluska dan lain-lain.

Ironisnya, ada masyarakat yang membuang sampah di tempat ini yang berupa logam dan plastik seperti yang terlihat pada gambar diatas. Kesadaran untuk menjaga keadaan hutan tetap bersih dari sampah plastik dan logam dan kehidupan makhluk hidup di hutan ini tetap aman masih sangat minim. Kondisi jalan yang melintasi hutan ini meskipun sudah diaspal namun masih ada bagian tertentu yang sudah rusak akibat kondisi tanah yang kurang padat sehingga mudah dikikis air hujan dan pepohonan yang tumbang menutupi jalan dibiarkan begitu saja, malah membuat jalan baru.

Sekian.....
==========
Oleh:
ariesrutung95

Post a Comment

Jangan lupa tinggalkan komentar.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA