Potret pantai Pasir Putih (Pasput) Manokwari

Masyarakat Manokwari pasti sudah sangat akrab dengan Pantai Pasir Putih atau Pasput. Pantai Pasir Putih (Pasput) Manokwari adalah salah satu tempat wisata milik Pemerintah Kabupaten Manokwari- Papua Barat yang merupakan salah satu destinasi wisata terbaik bagi warga masyarakat mulai dari anak-anak, dewasa dan orang tua dalam menghabiskan waktu akhir pekan mereka, waktu liburan atau bahkan hari di sela-sela kesibukan kerja. Pantai Pasir Putih merupakan salah satu dari beberapa pilihan tempat wisata lainnya seperti Pantai Bakaro, Pulau Mansinam dan lain-lain yang ada di Daerah Manokwari. Keindahan alam dan letaknya yang strategis serta dekat dari pusat kota Manokwari, dipadu dengan indahnya Pulau Mansinam yang berada tepat di hadapan pantai ini, cukup memanjakan mata paara pengunjung.

Jika kita berkunjung kesana, biaya untuk masuk dan menikmati/mengakses fasilitas yang tersedia di area pasir putih ini tidak terlalu mahal, cukup dengan membayar lahan parkir yang berkisar Rp. 5.000,- per kendaraan. Di dalam area pasir putih ini kita akan menemukan banyak pedagang yang menjual dagangannya terutama makanan jadi, diantaranya bakso, lalapan, es kelapa muda, dan lain sebagainya dengan harga yang terjangkau sekitar belasan ribu sampai puluhan ribu.

Air laut yang jernih dan bersih berwarna biru serta terbebas dari sampah. Terlihat batu karang di dasar laut yang berwarna coklat-kehitaman yang dilapisi lumut. Hal inilah yang membuat pegunjung tidak pernah bosan mengunjungi pantai ini untuk mandi, piknik, reunian, atau sekadar menikmati keidahan pantai bersama keluarga atau dengan teman.

Dalam menjaga dan melindungi pantai, warga yang berdomisili di dekat pantai diikutsertakan seperti halnya dalam mengelola tempat parkir, menyewakan barang-barang tertentu kepada para pengunjung pantai seperti ban, dan retribusi dari para pedagang yang menjual dagangannya di tempat ini. Mereka juga bekerja sama dalam membersihkan pinggiran pantai agar tetap bersih dan menjaga jalan agar tidak rusak dan tidak ditutupi pasir akibat terbawa oleh hujan. Pantai ini  sering dikunjungi hampir setiap hari  meskipun tidak seramai akhir pekan (sabtu dan minggu), namun setidaknya setiap hari ada pengunjung dengan tujuan yang bervariasi. Di wilayah pantai pasir putih terdapat beberapa bangunan milik warga dan pemerintah yang didirikan sebelum dan sesudah pantai ini dijadikan tempat wisata.

Sebagai tempat wisata umum, semoga saja pantai ini tetap terjaga kebersihan dan keamanannya, terutama terkait pencurian kendaraan yang sering terjadi. Pengamanan perlu diperketat dan dipandang perlu untuk menyediakan tempat parkir yang lebih luas sehingga kendaraan yang diparkir tidak memakan ruas jalan.


Sekian...

========
Oleh:
ariesrutung95

Post a Comment

Jangan lupa tinggalkan komentar.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA