Belajar dan Pembelajaran

belajar-dan-pembelajaran
Salam jumpa kembali sahabat! Kali ini saya ingin membagikan beberapa soal kuis mata kuliah belajar dan pembelajaran beserta jawabannya.
  1. Jelaskan definisi belajar dan pembelajaran menurut pendapat saudara!
  2. Sebut dan jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi perbedaan pengertian belajar sesuai yang saudara ketahui!
  3. Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan dalam belajar yang saudara ketahui!
  4. Jelaskan faktor-faktor yang menyebabkan anak malas belajar sesuai yang saudara ketahui!
  5. Jelaskan pengertian aspek afektif, kognitif, dan psikomotor menurut pendapat saudara!
Jawab : 

Definisi belajar dan pembelajaran:
  1. Belajar adalah sebuah aktivitas sadar yang dilakukan oleh sesorang atau sekelompok orang dalam ruang tertentu untuk meningkatkan mutu dirinya baik dari segi pengetahuan, keterampilan, maupun sikap.
  2. Pembelajaran adalah suatu proses atau cara baik terstruktur maupun tidak terstruktur yang dilangsungkan dalam ruang dan waktu yang telah ditentukan, serta terdapat objek dan subjek di dalamnya.
 Faktor yang mempengaruhi  perbedaan pengetian belajar, antara lain:
  1. Terjadi perbedaan dalam mengidentifikasi fakta, yaitu peneliti melakukan penelitian pada objek yang berbeda dengan kondisi dan keadaan yang berbeda. Misalnya ketika mengidentifikasi cara belajar yang dilakukan oleh warga di pedalaman papua dan pulau jawa. Secara geografis, kedaan keduan wilayah ini berbeda. Sudah pasti orang di dalamnya juga akan berbeda.
  2. Perbedaan dalam menjelaskan fakta yang diperoleh. Hal ini terjadi karena jumlah fakta yang ditemukan berbeda-beda antara objek penelitian yang satu dan objek  penelitian lainnya. Sehingga tentu saja dapat membedakan tafsiran dari para peneliti.
  3. Perbedaan penekanan pada aspek tertentu. Banyak peneliti yang mengartikan pengertian belajar dilihat dari kebiasaan atau adat suatu masyarakat yang dijadikan sampel atau sesuai dengan keadaan alam suatu wilayah. Jadi, lebih menekannkan pada aspek yang menonjol atau menjadi ikon masyarakat tersebut.
Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan dalam belajar:
  1. Dari peserta didik sendiri, seperti minat, tingkat kecerdasan, motivasi, dan keyakinan.
  2. Pengajar, seperti kemampuan pedagogik, kulaifikasi pendidikan, dan kesejahteraan.
  3. Komunikasi, komunikasi antara pendidik dengan oeserta didik, sesama peserta didik, dan peserta didik, pendidik dan lingkungannya.
  4. Sarana dan prasarana, seperti buku, perpustakaan, tempat belajar, dan alat praktek.
  5. Kerangka dasar pelaksanaan kegiatan belajar (kurikulum)
Faktor-faktor yang menyebabkan anak malas belajar:
  1. Tidak mempunyai kebiasaan belajar yang teratur
  2. Catatan tidak lengkap
  3. Sering bolos
  4. Tidak mengerjdakan tugas atau pekerjaan rumah
  5. Teman sebaya yang kebetulan berkarakter malas juga, sehingga ikut-ikutan
Pengertian aspek afektif, kognitif, dan psikomotor:
  1. Afektif adalah ranah yang berkaitan dengan sikap dan nilai yang didalamnya terdapat watak atau perilaku seperti perasaan, minat, sikap, emosi dan nilai. Ranah afektif mencakup hal seperti menerima dan memperhatikan, menanggapi, mengatur, dan/atau mengorganisasikan.
  2. Kognitif adalah ranah yang mencakup kegiatan mental (otak) yang didalamnya terdapat pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, dan penghargaan atau penilaian/evaluasi. Aspek kognitif mengacu pada kemampuan berpikir yang lebih sederhana sampai pada kemampuan memecahkan masalah.
  3. Psikomotor. Ranah ini berkaitan dengan keterampilan (skill) dan kemampuan bertindak setelah menerima dan mengenyam penagalaman belajar tertentu. Aspek psikomotorik ini dapat dilihat atau diamati langsung dilapangan. 

Post a Comment

Jangan lupa tinggalkan komentar.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA