Mencegah Terjadinya Spasi Berantakan di Ms. Office Word


Microsoft Office Word
Microsoft Office Word
Hai sahabat Anak Pantai,  jumpa lagi dengan saya di tutorial baru saya yaitu “Cara Mencegah Spasi Berantakan di Microsoft Word”. Mungkin sahabat pernah mengalami kejadian yang sama seperti yang saya alami ini.

Ketika hendak mencetak tugas yang saya kerjakan dalam bentuk Microsoft Office Word di tempat foto copy-an, eehhh... yang ada malah tugas yang saya buat (tulisannya) tidak ada spasinya (tulisannya sambung tanpa putus). Setelah diperiksa, ternyata  versi Office yang saya pakai dengan yang dipakai oleh tukang cetak di tempat foto copy-an tidak sama. Saya menggunakan Ms. Office Word 2010, sedangkan mereka menggunakan Ms. Office Word 2007. Waktu itu saya benar-benar bingung, bagaimana mengatasinya. Saya tidak pernah berpikir bahwa perbedaan versi Microsoft Office Word dapat mempengaruhi isi dari sebuah file Word, salah satunya adalah kasus tadi. Padahal tugasnya lebih dari lima halaman loh sahabat. Setelah mencari cara dibeberapa sumber, akhirnya saya menemukan setidaknya 3 cara untuk mencegah terjadinya spasi berantakan di Ms. Office Word. Memang ada beberapa versi tertentu yang cocok ketika digunakan.

Dari permasalahan diatas, Saya membagikan tutorial ini lebih kepada “mencegah, bukan mengatasi”, artinya sebelum tulisan atau tugas atau sejenisnya yang sahabat buat/kerjakan itu mengalami kerusakan (spasi berantakan). Bukankah mencegah lebih baik daripada memperbaiki? Cara berikut sudah saya coba dan 100% work. Silahkan disimak langkah-langkahnya : 
  • Simpan file dengan tipe Word 97-2003 Document
    Ketika sahabat aka menyimpan file hasil ketikkan, pada kotak dialog Save as pilih Save as type dengan pilihan Word 97-2003 Document. Kenapa demikian? Karena format tersebut mendukung semua versi Office. Jadi ketika filenya dibuka di Microsoft office word yang berbeda versi dengan yang sahabat miliki, maka secara otomatis akan disesuaikan. Caranya kurang lebih seperti pada gambar di bawah ini:
    Atau sahabat bisa langsung setting save as type word 97-2003-nya menjadi default. Artinya ketika file baru hendak disimpan, maka akan secara otomatis tersimpan dengan format atau tipe word 97-2003 Document. Jadi tidak perlu dipilih lagi. Caranya adalah sebagai berikut.Klik menu File lalu pilih options atau word options sehingga muncul jendela word options. Klik pada sub menu save, lalu perhatikan di bagian kanan terdapat tulisan save documents, save file in this format menjadi word 97-2003 Document (*.doc), lalu klik OK. Lihat Gambar sebagai contoh
  • Instalkan Aplikasi “The 2007 Microsoft suite Service Pack 3 (SP3).
    Cara kedua ini adalah cara yang sedikit rumit karena harus mendownload Aplikasi yang dibutuhkan. Klik DI SINI untuk mengunduhnya. Akan secara otomatis terdownload 3 file (FileFormatConverters, DefaulPack, dan Office2007SP3-kb.... Setelah file-file tersebut selesai didownload, silahkan diinstall. Cara menginstalnya tidak terlalu sulit. Cukup klik next hingga selesai. Setelah terinstal, maka secara otomatis aplikasi tersebut berjalan di versi word yang kita miliki saat ini.
     
    • Check Compatibility versi Word yang sahabat pakai.
      Cara tersebut dilakukan agar setiap file yang diedit menggunakan computer dengan versi Ms. Word yang kita miliki dapat scara otomatis memeriksa kesesuaian type filenya. Cara mengaturnya adalah sbagai berikut: Klik File kemudian klik info lalu pilih Prepare for Sharing (Check for Issues)kemudian Check Compatibility lalu akan muncul kotak dialog Microsoft Compatibility Checker. Kemudian centang pada pilihan Check Compatibility when saving documents lalu klik OK. Lihat Gambar untuk lebih jelasnya.

     

    Nah... Sekarang sahabat tidak perlu takut dan khwatir lagi, jika melakukan cara di atas dengan benar.

    Mungkin itu beberapa cara yang bisa saya bagikan terkait mencegah spasi berantakan di Microsoft Word. Silahkan dikomentari jika kurang paham, atau dibagikan jika bermanfaat. Selamat mencoba semoga bermanfaat…..

    Baca Juga : Cara membuat daftar isi di Microsoft Office Word 

    =========
    Oleh:
    ariesrutung95

    Post a Comment

    Jangan lupa tinggalkan komentar.

    TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA