Konfigurasi PC Router - LKS Papua Barat 2016

Sekilas tentang PC Router. Istilah PC Router berasal dari dua kata yaitu PC dan Router. PC (Personal Computer) adalah sebuah perangkat komputer yang berupa alat komputasi yang umum kita gunakan dalam kehidupan untuk membantu kita dalam menyelesaikan berbagai permasalahan dan persoalan yang kita hadapi dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan Router adalah perangkat yang digunakan untuk merutekan jalur data antar network, mengatur lalu lintas jalur data antar network sehingga proses transfer data dapat berlangsung dengan baik dari jaringan satu ke jaringan lainnya. Router ini akan menentukan jalur terbaik dalam proses transfer data, mencari jalan terbaik sehingga data dari host suatu jaringan akan terkirim dan sampai dengan baik pada host lainnya yang berada pada segmen jaringan yang berbeda. Router juga dapat diartikan sebagai perangkat keras yang berfungsi untuk memfasilitasi transmisi paket data melalui jaringan komputer. Dari pengertian PC dan Router yang sudah disampikan tersebut dapat dikatakan bahwa PC Router adalah perangkat pengatur lalu lintas data antar segmen jaringan yang berbeda dengan memanfaatkan Personal Computer sebagai device atau alatnya. Dengan kata lain, PC Router adalah PC yang dimodifikasi sedemikian rupa sehingga memiliki fungsi layaknya sebuah router yang mengatur lalu lintas data. Dengan penggunaan PC sebagai router jaringan, maka kita dapat memanfaatkan PC yang tidak perlu spesifikasi yang tinggi sebagai router sehingga kita dapat menekan biaya, dibandingkan dengan pembelian dedicated router yang digunakan sebagai router, selain harganya relatif mahal, juga maintenance terhadap jenis router ini cukup sulit.
  1. Didalam PC Router ini, kita akan mengkonfigurasi DHCP Server, Telnet Servver, NTP Server, SSH Server, FTP Server, dan VPN Server. Untuk memulai mengkonfigurasi PC Router, langkah pertama yang harus dilakukan adalah setting IP Address untuk masing-masing Interface. Dalam pembahasan ini saya mengarahkan Eth0 ke Internet atau ISP, Eth1 ke PC Server, dan Eth2 ke Access Point yang kemudian akan diakses oleh Client melalui jaringan Wireless. Ketikkan perintah #nano /etc/network/interfaces, lalu isikan sesuai dengan topologi rancangan anda. Di bawah ini adalah contoh konfigurasi yang saya buat sesuai dengan topologi yang sudah saya rancang. Buat script seperti gambar berikut di bagian paling bawah.
  2. Simpan dan restart pengaturan jaringan dengan perintah #service networking restart. Kemudian cek IP dengan perintah #ifconfig. Look at the picture bellow!
  3. Tambahkan DNS dari ISP pada file resolv.conf agar PC Router dapat mengakses internet, ketikan petintah #nano /etc/resolv.conf lalu isikan DNS sesuai dengan yang dikasih dari ISP, dalam contoh saya menggunakan 192.168.43.1, lalu disimpan.
  4. Jika sudah selesai kita lanjut ke langkah selanjutnya yaitu tes koneksi dari dan ke masing-masing IP address. Uji koneksi atau Ping ke Gateway untuk memastikan PC Router telah terhubung ke Internet yaitu 192.168.43.1.
  5. Ping ke google.com
  6. Setting IPV4 forward agar paket yang masuk melalui interfaces LAN dapat diteruskan ke interfaces WAN dengan cara  menghilangkan tanda pagar (#) pada baris “net.ipv4.ip_forward” melalui perintah #nano /etc/sysctl.conf seperti pada gambar.
  7. Selanjutnya adalah konfigurasi NAT (Network Address Translation). Ketikkan perintah # nano /etc/rc.local lalu tambahkan seprti pada gambar.
  8. Restart PC Router agar semua konfigurasi bisa berjalan dengan perintah #reboot. Sampai di sini konfigurasi PC Router sudah selesai.

REFERENSI
https://gusfumi.wordpress.com/2010/05/03/pc-router/


Sekian, semoga bermanfaat...

Oleh:
ariesrutung95

Post a Comment

Jangan lupa tinggalkan komentar.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA