Konfigurasi PC Server - LKS Papua Barat 2016

Sekilas tentang PC Server. PC server adalah sebuah PC yang menyediakan layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer. PC server menjalankan perangkat lunak administratif yang mengontrol akses terhadap jaringan dan sumber daya yang terdapat di dalamnya, seperti halnya berkas atau alat pencetak (printer), dan memberikan akses kepada workstation anggota jaringan.

Umumnya, di atas sistem operasi server terdapat aplikasi-aplikasi yang menggunakan arsitektur klien/server. Contoh dari aplikasi ini adalah DHCP Server, Mail Server, HTTP Server, FTP Server, DNS Server dan lain sebagainya. Setiap sistem operasi server umumnya membundel layanan-layanan tersebut atau layanan tersebut juga dapat diperoleh dari pihak ketiga. Setiap layanan tersebut akan merespons terhadap request dari klien. Sebagai contoh, klien DHCP akan memberikan request kepada server yang menjalankan server DHCP; ketika sebuah klien membutuhkan alamat IP, klien akan memberikan perintah/request kepada server, dengan bahasa yang dipahami oleh server DHCP, yakni protokol DHCP itu sendiri.Fungsi server sangat banyak, misalnya untuk situs internet, ilmu pengetahuan, atau sekedar penyimpanan data. Namun yang paling umum adalah untuk mengkoneksikan komputer client ke Internet.

Konfigurasi PC Server
  1. Setting  IP Address di PC Server agar menjadi satu jaringan dengan IP eth1 di PC Router. Untuk mengaturnya ketikkan perintah #nano/etc/network/interfaces, lalu isikan sesuai dengan topologi yang sudah direncanakan tapi harus menyesuaikan dengan PC Router. Di bawah ini adalah contoh konfigurasi yang saya buat sesuai dengan topologi yang sudah saya rencanakan. Saya menambahkan IP Virtual karena saya hendak membuat 2 buah Domain di pengaturan DNS. Langsung saja tambahkan script seperti gambar berikut  dibagian paling bawah file network/interfaces.
    Gambar 2. Penambahan IP address
  2. Jika sudah selesai, simpan dengan menekan tombol ctrl+o  atau f2 lalu tekan y atau tombol ctrl+x lalu tekan y lalu enter. Kemudian restart pengaturan jaringan dengan perintah #service networking restart.
    Gambar 3. Restart pengaturan
  3. Lihat hasil configurasi dengan perintah #ifconfig.
    Gambar 4. Pengecekan konfigurasi
  4. cek apakah sudah terhubung ke PC Router dengan cara tes koneksi lewat ping ke gateway Router dan ke google.
    Gambar 5. Tes koneksi ke google.com

REFERENSI
https://akhwatjilbaber.wordpress.com/2009/04/16/tugas-perbedaan-router-dan-server/


Sekian. Selamat mencoba semoga bermanfaat..

Oleh:
ariesrutung95

Post a Comment

Jangan lupa tinggalkan komentar.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA