Cara Acronis PC FreeDOS dengan Hiren BootCD Part 2


Mungkin kita pernah berpikir demikian, "Bagaimana yah jika suatu instansi mendapat bantuan laptop atau PC dengan jumlah yang banyak dan sama sekali belum ada sistem operasi di dalamnya (reeDOS). Apakah seorang administrator mengisi sistem operasi di setiap laptop atau PC tersebut dengan menginstalnya per unit, yang kurang lebih memakan waktu hampir 2 jam. Bayangkan jika ratusan unit, kira-kira berapa bulan itu yah?

Dari permasalahan tersebut di atas, ternyata sudah ada cara yang efektif dan efisien. Acronis adalah jawaban untuk membantu permsalahan di atas. Dengan acronis, kita dapat mengisi sistem operasi pada PC yang FreeDOS hanya dalam hitungan menit (10-15 menit per unit) bahkan bisa dilakukan sekaligus pada lebih dari satu PC dengan bantuan jaringan LAN (offline).  

Cara backup Windows menggunakan Hiren Boot CD untuk keperluan Acronis.
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan sebuah PC yang akan dijadikan referensi atau sumber pembuatan file image OS untuk keperluan acronis. Ini adalah inti dari kegiatan acronis. Instal salah satu PC yang akan dijadikan PC referensi atau sumber dari file backup. Sesuaikan dengan kebutuhan.  Dalam artikel ini saya menggunakan PC yang sudah diinstalkan Windows 10 Enterprize x64 dengan beberapa program aplikasi di dalamnya, diantaranya Microsoft Office, Photoshop CS 6, dan beberapa aplikasi standar lainnya. PC yang saya jadikan sumber memiliki spesifikasi: processor core-i3, harddisk 1 TB, RAM 4 GB. Begitu jugan PC yang akan saya Acronis nantinya. Besar file backup yang saya buat ini hampir mencapai 20 GB.

Langkah Kerja
  1. Jika PC referensi atau sumbernya sudah ada, silahkan tancapkan flashdisk yang sudah kita siapkan, kemudian restart atau jika belum menyala, silakan tekan tombol power terlebih dahulu. Kemudian masuk ke bios dengan cara menekan tombol delete atau f2 atau fn+f2 atau f12. Pada gambar di bawah ini, saya menekan tombol f12 agar langsung masuk ke menu pilihan boot device. Nama flashdisknya yang  ditandai dengan kotak merah.
    Gambar 2. Boot Device
  2. Selanjutnya kita akan masuk pada jendela tampilan dari Hiren. Pada menu boot silahkan pilih pilihan Backup or Restore.
    Gambar 3. Hiren Boot Menu
  3. Pada jendela tampilan seperti gambar berikut, pilih aplikasi yang akan dipakai untuk membackup. Semua aplikasi yang tersedia pada gambar dipakai untuk aktivitas backup dan recovery, hanya saja semua oang lebih suka memilih “True Image 2014 v17 Buil 6673”. Dalam tutorial ini juga, saya memilih aplikasi True Image. Jika sudah dipilih, tekan enter untuk melanjutkan.
    Gambar 4. Hiren Boot Menu #2
  4. Selajuntya akan masuk pada jendela Acronis True Image 14 Premium. Untuk memulai membackup, pilih pada tab Backup kemudian pilih pilihan Disk and Partition Backup. Lihat gambar sebagai contoh!
    Gambar 5. Tampilan Home Acronis True Image
  5. Pada jendela partitions to backup terdapat 3 jenis penyimpanan yang tersedia. Diantaranya, disk 1 adalah flashdisk bootable Hiren, disk 2 adalah hardisk yang saya pakai untuk menyimpan file image hasil backup yang terdiri atas 3 partisi, dan disk 3 adalah hardisk PC referensi yaitu PC yang kita backup yang terdiri atas 4 partisi. Pada langkah ini silakan centang pada disk bawaan PC referensi dalam hal ini disk 3. Kita juga bisa membuat pengecualian, apakah hanya partisi sistem saja yang akan dibackup. Soal ruang hardisk yang tersisa atau belum dibagi, kita dapat membaginya di lain waktu. Namun dalam tutorial ini, saya membackup semua partisi yang ada di PC referensi. Sehingga hasilnya backupannya nanti identik dengan PC refersni baik itu nama komputer, program yang terinstal, jumlah partisi harddisk, atau pengaturan lainnya. Selanjutnya beri tanda centang pada pilihan back-up sector by sector ....... lihat gambar sebagai contoh!
    Gambar 6. Partitions to backup
  6. Kemudian akan tertampil jendela  target backup archive seperti berikut ini. Silahkan tentukan lokasi untuk menyimpan file backup dengan cara klik pada pilihan browse.
    Gambar 7. Target backup archive
  7. Pilih salah satu partisi pada disk 2 yang sudah kita bahas sebelumnya, atau jika hanya ada disk 2, langsung klik generate name saja. Isikan nama untuk file backup atau jika tidak mau diubah, silakan klik next. Pada gambar, saya memilih partisi APP sebagai lokasi penyimpanan dan mengganti nama file defaultnya menjadi win10smp3. Lihat gambar sebagai contoh!
    Gambar 8. Browse for location
  8. Pada jendela berikut ini silakan klik proceed untuk menjalankan proses backup.
    Gambar 9. Finis to Backup
  9. Yang terakhir adalah, jendela opeartion progress. Mohon menunggu, lama dan cepatnya tergantung besar file yang dibakcup. Kita bisa menentukan pilihan setelah proses backup selesai, apakh PC referensi direstart atau dishut down. Silahkan tetukan sendiri! Sampai di sini file hasil backup sudah selesai.
    Gambar 10. Operation progress
Jika sudah selesai maka akan muncul pesan yang menandakan operasi backup berhasil. Anda sudah siap untuk melakukan proses selanjutnya yaitu acronis.

Sekian, selamat mencoba, semoga berhasil.

==========
Oleh:
ariesrutung95

2 komentar

Hirens 2018 New Generation Support HDD GPT + UEFI-CSM READY!
cobain open source project rancangan ane gan >

IT Tools Pack Solution 2018 Rescue

(Tersedia Acronis 2018 & Norton Ghost)

#SalamSatuTeknologi

Reply

Post a Comment

Jangan lupa tinggalkan komentar.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA