Cara Acronis PC FreeDOS dengan Hiren BootCD Part 1

Sebuah media penyimpanan dikatakan bootable dikarenakan di dalam media penyimpanan tersebut terdapat sistem operasi yang dimungkinkan bisa berjalan ketika pengaturan booting pertama pada BIOS diatur ke media penyimpanan yang bersangkutan, baik itu CD/DVD, HDD, maupun Flashdisk. Sistem operasi yang diisi pun bermacam-macam yang secara umum kita kenal hanya 2 jenis berdasarkan tampilannya yaitu CLI (Command Line Interface) dan GUI (Graphical User Interface)

Membuat bootable flashdisk untuk Hiren Boot CD
Dalam pembahasan ini kita akan dibantu dengan aplikasi Rufus untuk membuat bootable flashdisk. Silahkan download terlebih dahulu DI SINI. Tujuan utama dari artikel ini adalah untuk melakukan clonning atau istilah lainnya yaitu acronis komputer atau laptop yang freeDOS atau tanpa sistem operasi. Secara garis besar kedua istilah tersebut tujuannya sama. Hanya saja terdapat perbedaan dari segi penampilan, fitur-fitur dan kecepatannya. Kenapa kita menggunakan cara Clonning atau Acronis untuk mengisi sistem operasinya, karena cara ini merupakan cara tercepat dalam mengisi sistem operasi pada PC yang freeDOS ketimbang melakukan install dengan cara yang lazim. Selain itu, cara ini juga bisa dilakukan sekaligus pada lebih dari satu PC secara bersamaan menggunakan bantuan LAN. Bayangkan, jika terdapat 50 unit PC yang hendak diinstall OS. Maka, cara yang paling efektif adalah dengan Clonning atau Acronis.

Langkah Kerja
  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan program Hiren Boot CD. Yang belum memiliki aplikasi ini, silahkan download terlebih dahulu DI SINI.
  2. Langkah kedua, siapkan aplikasi Rufus.
  3. Jika kedua langkah di atas sudah dilakukan, tancapkan flashdisk (minimal 2 GB) ke komputer lalu jalankan aplikasi Rufus sehingga akan seperti gambar berikut ini. Silakan sesuaikan dengan petunjuk yang ditandai dengan angka pada gambar. Pada angka 1 pilih skema dan tipe partisi “MBR partition scheme for BIOS or UEFI”, lalu pada angka 2 silahkan isikan nama atau label flashdisk yang akan dipakai, dan yang terakhir pada gambar 3, silakan pilih file Hiren Boot CD yang sudah kalian download atau siapkan. Jika sudah, klik START. Maka proses pembuatan bootable flasdisk akan berlangsung. Mohon menunggu beberapa saat, tergantung besar kecilnya ukuran file dan flashdisk yang dipakai.
    Gambar 1. Jendela Tampilan Rufus
  4. Jika sudah selesai, tulisan START tadi akan menjadi READY dan flashdisk siap digunakan untuk proses selanjutnya.

Sekian, selamat mencoba...


==========
Oleh:
ariesrutung95

Post a Comment

Jangan lupa tinggalkan komentar.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA