Sharing koneksi internet dalam sistem virtualisasi | VirtualBox

Gambar ini merupakan jendela utama dari aplikasi Oracle VM VirtualBox Manager. Pada gambar di atas dapat dilihat ada 3 sistem operasi yang terinstal. Namun yang menjadi fokus kita adalah Linux Debian dan Windows XP. Bagaimana caranya agar Debian06Server pada gambar diatas mendapatkan akses internet dari PC yang terhubung dengan WiFi serta client WindowsXP mendapatkan akses internet dari Debian06 Server. Itulah yang menjadi pokok pembahasan kita pada tutorial ini. Mungkin pertanyaannya adalah, untuk apa kita melakukan hal tersebut. Mari kita simak penjelasan berikut.
Biasanya seorang administrator jaringan atau network enginer menjadikan hal tersebut sebagai alat untuk menyimulasikan sebuah topologi jaringan yang akan dibangunnya sebelum akhirnya dipraktikkan dalam dunia nyata. Inilah yang kita sebut sebagai sistem virtualisasi. Suatu metode membangun jaringan, membagun server, membangun router, sharing data, sharing koneksi, tanpa harus dengan perangkat atau media yang sebenarnya. Sekalipun demikian, semua proses dan cara kerjanya hampir mirip dengan keadaan sesungguhnya di lapangan nantinya, hanya saja ini kita lakukan dalam sebuah aplikasi dengan media penghubung non kabel.
Bagaimana supaya kedua sistem operasi tersebut dapat bertindak sebagai Server dan Client yang dapat saling berbagi data, koneksi, dan memberikan dan/atau menyediakan layanan tertentu yang dapat diakses maupun dikontrol? Mari simak langkah kerja berikut.

Pengaturan jaringan untuk sistem operasi Debian06 Server
Sistem operasi ini akan bertindak sebagai server yaitu penyedia berbagai layanan. Layanan-layanan tersebut dapat berupa Dinamic Host Configuration Protocol (DHCP), File Transfer Protocol (FTP), Domain Name System (DNS) dan masih banyak layanan yang lain yang dimungkinkan disediakan oleh server dan dinikmati atau dapat diakses oleh client.
  1. Pengaturan jaringan untuk adaptor 1 atau etho pada PC Debian06 Server yang akan terhubung ke jaringan luar, dalam hal ini ISP. Pada tutorial ini saya memanfaatkan koneksi WiFi sebagai sumber internet pada PC Windows. Caranya adalah klik kanan pada PC Debian06 Server atau atau langsung klik pada pengaturan pada menu utama jendela VirtualBox sehingga terbuka sebuah jendela baru yaitu jendela pengaturan. Klik pada jaringan dan ubah seperti pada gambar berikut ini.
    Gambar 2. Pengaturan jaringan Adaptor 1 PC Debian06 Server
  2. Kemudian bergeser ke pengaturan jaringan pada Adaptor 2 atau eth1 untuk menghubungkan PC Debian06 Server dengan client WindowsXP. Caranya adalah klik pada adaptor 2 lalu lakukan perubahan identik dengan gambar di bawah ini.
    Gambar 3. Pengaturan jaringan Adaptor 2 PC Debian06 Server
  3. Biar tidak bolak-balik, lansung saja kita selesaikan konfigurasi untuk PC Debian06 Server. Setelah itu baru kita masuk pada konfigurasi PC client WindowsXP. Selanjutnya adalah melakukan pengaturan IP Address pada PC Debian06 Server dengan cara klik 2 kali pada PC Debian06 server atau klik mulai pada menu utama jendela VirtualBOX. Jika sudah terbuka, masuk dengan username dan password. Dalam konfigurasi ini saya login dengan super user atau root dengan kata sandi root. Jika sudah selesai, ketikan perintah untuk mengatur IP Address yaitu #nano /etc/network/interfaces kemudian enter. Dalam konfigurasi ini, saya mengatur eth0 PC Debian06 Server mendapatkan IP DHCP dari Windows dan IP pada eth1 yang akan terhubung ke PC client WindowsXP diatur secara statis. Lihat gambar berikut!
    Gambar 4. Pengaturan IP Address PC Debian06 Server
  4. Jika sudah selesai, restart pengaturan jaringan dengan perintah #service networking restart atau #etc/init.d/networking restart.
  5. Lihat apakah konfigurasi IP kita berhasil. Ketikkan #ifconfig untuk melihat pengaturan yang sudah kita buat. Pada gambar di bawah ini, eth0 yang terhubung ke ISP mendapatkan address 10.40.10.132 dengan netmask 255.255.255.0. sedangkan eth1 sesuai dengan konfigurasi kita sebelumnya.
    Gambar 5. Melihat konfigurasi IP Address
  6. Sampai pada langkah 5, pengaturan pada PC Debian06 Server sudah selesai. Selanjutnya konfigurasi PC WindowsXP. Klik kanan pada WindowsXP kemudian pilih pengaturan, maka akan terbuka jendela pengaturan. Klik pada jaringan dan lakukan perubahan identik dengan gambar berikut ini.
    Gambar 6. Pengaturan jaringan Adaptor 1 PC client WindowsXP
  7. Kemudian, jalankan PC WindowsXP dan masuk pada pengaturan IP Address seperti pada gambar berikut. Klik pada Obtain an IP address automatically dan klik OK.
    Gambar 7. Pengaturan IP Address PC client WindowsXP
  8. Selanjutnya, uji koneksi antara client dan Server dengan cara ping ke alamat ip pc server dan ping ke google.com. jika TTL, maka konfigurasi berhasil. Selanjutnya kita akan memasang layanan-layanan yang kita butuhkan pada PC Debian06 Server.
    Gambar 8. Uji koneksi ke gateway internet
    Gambar 9. Uji koneksi internet ke google.com

Sekian, selamat mencoba semoga berhasil.....

===========
Oleh:
ariesrutung95

Post a Comment

Jangan lupa tinggalkan komentar.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA