Scanner printer tidak terdeteksi pada Photoshop CC 2017

Plugin adalah software tambahan yang berguna untuk menambah fitur sebuah software. Analoginya mirip dengan periferal hardware. CPU sebagai induk atau kepingan inti (dalam istilah plugin Photoshop disebut host) dapat menerima tambahan perangkat lain yang memungkinkannya melakukan sesuatu yang sebelumnya tidak dapat dilakukan sendiri, seperti printer, mouse, tape backup, modem, dan sebagainya. Selain plugin Photoshop, anda mungkin juga sering mendengar plugin Winamp, plugin browser (plugin player Flash, plugin Acrobat Reader, dll).

Plugin dikembangkan untuk hanya dapat digunakan oleh host tertentu. Misalnya plugin Winamp dibuat hanya untuk “dicolokkan” ke Winamp. Plugin browser IE tidak kompatibel dengan plugin browser Netscape. Tapi jika Application Programmer Interface (API)nya atau “colokannya” kompatibel, sebuah plugin dapat dipakai pula di host lain. Plugin untuk keluarga produk Adobe misalnya, biasanya bisa dipakai di lebih dari satu produk tertentu karena Adobe menyusun sebuah common API. Plugin Photoshop tertentu misalnya, dapat dipakai juga di Illustrator. Selain itu, karena begitu banyaknya plugin khusus untuk Photoshop, banyak program grafis lain juga dapat memakainya, antara lain Corel PhotoPaint, Jasc PaintShop Pro, dsb.

Photoshop CC 2017 tidak memiliki fitur untuk membaca printer yang terintall di laptop sehingga kita tidak dapat menggunakan scanner printer untuk mengambil file atau gambar. Sangat disayangkan jika aplikasi desain ini tidak berjalan sempurna. Tentu kita juga tidak akan mungkin berdiam diri membiarkan masalah ini trjadi. Beruntunglah kalian yang menemukan artikel ini. Lihat gambar di bawah ini!
Gambar 1. Work space PS CC 2017
Untuk dapat menggunakan scanner printer, kita harus menambahkan sebuah plugin yang adalah feature tambahan dari photoshop cc 2017.  Caranya, download file pluginnya DI DINI bernama TWAIN_Plugin_Win.zip dan pastikan memilih paket untuk Windows atau sesuai dengan jenis OS kalian. Jika sudah terdownload, ikuti langkah-langkah berikut ini:
  1. Pastikan photoshop CC 2017 dalam keadaan tertutup atau sedang tidak dijalankan.
  2. Extract fail TWAIN_Plugin_Win.zip
  3. Buka folder hasil extract, kemudian kopi fail Twain_32 lalu tempatkan pada Drive C : Program Files, Adobe, Adobe Photoshop CC 2017 (32 Bit), Plug-ins.
    Gambar 2. Kopi fail Twain_32
  4. Hasilnya seperti ini
    Gambar 3. Hasil kopi fail Twain_32
  5. Terakhir, jalankan Photoshop CC 2017-nya. Jika sudah dilakukan dengan benar, seharusnya pada menu File, Import akan muncul printer-printer yang terinstall pada laptop atau PC kita (printer yang memiliki scanner saja).  Lihat gambar!
    Gambar 4. Hasil
Sampai di sini, kita sudah dapat memanfaatkan scanner printer untuk mengambil file sumber pada Photoshop CC 2017. 

Tested on: Windows 8.1 Entrprize x86 atau 32 Bit

Selamat mencoba, semoga berhasil.

REFERENSI
https://helpx.adobe.com/photoshop/kb/twain-scanner-plugin.html

===========
Oleh:
ariesrutung95

Post a Comment

Jangan lupa tinggalkan komentar.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA