Konsep tentang literasi

Konsep tentang literasi | ada dua pemahaman tentang literasi, yaitu literasi secara sempit dan literasi secara luas. Literasi dalam arti sempit yaitu keterampilan seseorang dalam membaca dan menulis. Biasanya istilah literasi secara sempit ini dihubungkan dengan dunia pendidikan yang erat kaitannya dengan aktivitas di atas. Pertanyaan dari pernyataan tersebut adalah apakah literasi hanya terbatas pada aktivitas membaca dan menulis? Apakah aktivitas literasi hanya berkembang pada instansi pendidikan? Bagaimana dengan mereka yang kesehariannya tidak membaca dan menulis? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari simak pengertian literasi secara luas berikut ini. 

Pertama, National Institute for Literacy (NIFL) menjelaskan pengertian literasi secara luas adalah kemampuan seseorang untuk membaca, menulis, berbicara, menghitung, dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian yang diperlukan dalam pekerjaan, keluarga, dan masyarakat.

Kedua, United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) menjelaskan bahwa literasi adalah seperangkat keterampilan yang nyata, khususnya keterampilan kognitif dalam membaca dan menulis yang terlepas dari konteks dimana keterampilan yang dimaksud diperoleh, dari siapa keterampilan tersebut diperoleh dan bagaimana cara memperolehnya.

Pemahaman tentang literasi merupakan masalah yang kompleks dan dinamis, sebab konsep literasi akan terus ditafsirkan dan didefiniskan dengan sudut pandang yang berbeda. UNESCO memberi penilaian terhadap  pemahaman seseorang mengenai literasi didasarkan pada penelitian akademis, agenda institusional, konteks nasional, nilai-nilai budaya dan pengalaman serta pendapat pribadi. Dalam bidang akademis, pemahaman tentang literasi perlahan berevolusi, dari yang hanya berfokus pada perubahan pada individu menjadi lebih luas dengan melihat konteks sosial yang mendorong dan memungkinkan kegiatan dan praktik literasi terjadi.

Jadi, dalam tataran paling atas, literasi lebih dari sekadar aktivitas membaca dan menulis. Cakupannya luas dan mengandung keterampilan yang ada dalam individu, baik di dunia kerja, kehidupan keluarga maupun masyarakat.

REFERENSI
http://www.unesco.org/education/GMR2006/full/chapt6_eng.pdf
http://rmol.co/images/berita/normal/2017/07/148044_10272529072017_literasi.jpg


===========
Oleh:
ariesrutung95

Post a Comment

Jangan lupa tinggalkan komentar.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA