Pengertian jurnalistik dan pers

Pemahaman mengenai juranlistik dan pers | Jurnalistik adalah suatu profesi yang mengerjakan kegiatan penyiapan, peliputan, penulisan, penyuntingan, penyampaian dan/atau penyebaran informasi/berita baik dalam bentuk tulisan, suara, gambar, suara dan gambar, serta data dan grafik maupun dalam bentuk lainnya dengan menggunakan media cetak, media elektronik, dan segala jenis saluran yang tersedia kepada masyarakat, sesegera dan seluas mungkin. Mengapa saya katakan jurnalistik adalah sebuah profesi karena dalam jurnalistik itu sendiri ada orang yang menggeluti dan ada organisasi yang menghimpunnya. Kita sama tahu, bahwa sakah satu ciri dari sebuah profesi adalah adanya organisasi penghimpun pekerjaan tersebut.

Pers adalah media yang dipakai dalam menyebarkan aktivitas jurnalistik di atas. Analoginya seperti seorang penulis di blog. Jurnalistik dapa dilihat dari usaha seorang blogger mencari, mengamati, menulis, merumuskan ide, gagasan, dan atau pendapat yang kemudian melahirkan sebuah artikel. Sedangkan pers-nya adalah platform blog milik blogger tersebut. Blog itulah yang dijadikan sebagai media menyebarkan informasi atau artikel yang ditulis oleh blogger  yang akan diakses oleh siapapun dan di manapun. Kendati demikian, analogi tersebut belumlah seratus persen benar, sebab pers seperti yang dianalogikan itu hanyalah pers dalam bentuk internet. Sedangkan, ccakupan pers baik dalam arti sempit maupun arti luas adalah media cetak, elektronik, dan internet.

Dari penjelasan panjang di atas, saya ajukan sebuah pertanyaan retoris, kira-kira apa perbedaan mendasar dari jurnalistik dan pers? Jawaban singkat dari saya atas pertanyaan tersebut yakni terletak pada substansi aktivitas keduanya. Penjelasan dari jawaban tersebut dapat dilihat DI SINI.

REFERENSI
https://www.slideshare.net/adfanefendi/ppt-jurnalistik-hesy
https://usmanyatim.files.wordpress.com/2009/10/ddj02-ilmu-komunikasi-pers-dan-jurnalistik.pptx

==========
Oleh:
ariesrutung95

Post a Comment

Jangan lupa tinggalkan komentar.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA