Sejarah jurnalistik

Banyak ahli yang mengatakan bahwa jurnalistik sudah dimulai pada masa kekaisaran romawi kuno yaitu pemerintahan kaisar Yulius. Jika demikian adanya, maka dapat disimpulkan bahwa jurnalistik memiliki sejarah yang sangat panjang. Bahkan jauh sebelum itu, istilah juranlistik sudah berlangsung dalam kehidupan manusia semisal, (1) Orang Yunani menggunakan nyala obor sebagai isyarat (tanda) untuk menyamapaikan sesuatu kepada orang lain; (2) Orang Indian menggunakan asap untuk mengirimkan informasi kepada rekan-rekannya; (3) Suku Ashanti di Ghana menggunakan sebatang kayu yang di kerok isinya agar berbunyi ketika ditabuh (dipukul) dengan menggunakan aturan-aturan dalam memukulnya; (4) Di Indonesia (seperti di Sunda), masyarakat menggunakan kentongan untuk memerintah orang lain atau sebagai isyarat tentang sesautu yang bersifat publik.
Orang Romawi kuno, seperti dikemukakan oleh  Onong U. Effendy, kegiatan jurnalistik sudah berlangsung ketika Julius Caesar berkuasa.  Waktu itu, informasi harian dikirimkan dan dipasang di tempat-tempat publik untuk menginformasikan hal-hal yang berkaitan dengan isu negara dan berita lokal (Tebba, 2005). Papan informasi tersebut dinamakan Acta Diurna dan Acta Senatus. Kemudian, tahun 1536 surat kabar yang ditulis tangan bernama Gazetta terbit untuk pertama kalinya. Surat kabar berkembang di Cina pada tahun 911 Masehi dengan nama King Pau.

Memasuki Abad 17 dan 18 surat kabar dan majalah untuk publik mulai diterbitkan untuk pertama kalinya di wilayah eropa barat, Inggris, dan Amerika Serikat kendati surat kabar untuk umum ini sering mendapat tentangan dan sensor dari penguasa setempat mengingat berita atau informasi yang dipublikasikan cenderung mengkiritisi kebijakan pemerintah atau penguasa setempat kala itu.  Namun di sisi lain, media kala itu telah berhasil menjalankan fungsi kontrol sosialnya dengan mengesahkan undang-undang kebebasan pers.


REFERENSI
Suhandang, Kustadi. 2010. Pengantar Jurnalistik, Seputar Organisasi, Produk, dan Kode Etik. Bandung: Nuansa Cendekia.
http://1.bp.blogspot.com/-GECNODPmd-k/VKTmiJHJMiI/AAAAAAAAAO4/k3D47bIEADQ/s1600/acta%2Bdiurna.jpg


==========
Oleh:
ariesrutung95

Post a Comment

Jangan lupa tinggalkan komentar.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA