Menyembunyikan partisi hard disk di windows tanpa software

Beberapa waktu lalu, saya menginstal sebuah laptop Sony VAIO. Masalahnya, laptop ini memiliki hard disk onboard (tertanam di mainboard) dan hardsik intenal yang bisa dilepas-pasang. Saya ingin menempatkan sistem operasi pada hard disk internal tanpa mempengaruhi kinerja hard disk onboard. Supaya tidak mengganggu, saya berinisiatif menyembunyikan hard disk onboard yang kebetulan mempunyai 2 partisi. Langkah kerja yang saya lakukan adalah sebagai berikut:
partisi-hdd

  1. Buka jendela Run dengan menekan tombol windows + R, lalu ketik diskpart dan enter. Pilih yes jika ada jendela user account control yang muncul sehingga mucul jendela DOS.
    Gambar 1. Run
  2. Selanjutnya ketikan list volume pada jendela DOS sehingga menampilkan semua partisi/direktori yang ada dalam komputer, baik hard disk internal PC maupun penyimpanan eksternal yang terhubung dengan PC (flashdisk, HDD, dll).
    Gambar 2. list volume
  3. Untuk menyembunyikan direktori atau partisi, ketik select volume diikuti dengan nomor partisi atau direktori yang hendak disembunyikan. Dalam kasus ini saya menyembunyikan partisi nomor 5 atau letter E, maka perintahnya adalah select volume 5 kemudian enter. Bila berhasil, akan muncul pesan volume 5 is the selected volume.
    Gambar 3. Pilih Partisi
  4. Untuk menyembunyikan direktori atau partisi, perintahnya yakni remove letter diikuti dengan huruf (letter) dari dari partisi yang hendak sembunyikan. Dalam kasus ini, saya memilih volume 5 dengan letter E. Maka perintahnya, remove letter E dan enter. Sehingga muncul pesan DiskPart successfully removed the drive letter or mount point, menandakan proses berhasil.
    Gambar 4. Hapus partisi
  5. Sampai langkah di atas, partisi E sudah hilang dari daftar hard disk drive. Perhatikan gambar di bawah ini.
    Gambar 5. Hasil
  6. Untuk memunculkan kembali partisi yang sudah disembunyikan, ulangi langkah 3 dan 4 di atas, tetapi pada langkah 4, kata remove diganti menjadi assign. Lihat gambar berikut ini sebagai contoh.
    Gambar 6. Kembalikan partisi
Catatan:
  • Untuk menyembunyikan partisi yang lain, caranya sama dengan langkah-langkah di atas.
  • Setelah melakukan hal ini, kadang-kadang komputer perlu di restart. Jangan khawatir soal data, karena data yang berada dalam harddisk yang disembunyikan tetap sama dan tidak akan hilang.
  • Sebaiknya Drive C (tempat sistem operasi Windows berada) tidak disembunyikan.

REFERENSI
https://www.aplikasipc.com/cara-menyembunyikan-partisi-hard-disk/

=========
Oleh:
ariesrutung95

Post a Comment

Jangan lupa tinggalkan komentar.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA