Media Blog Sebagai Langkah Awal Belajar Menulis

Pembelajaran bahasa Indonesia menuntut empat keterampilan dasar. Keterampilan dasar tersebut meliputi menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Keempat keterampilan itu hendaknya dilatih pada setiap orang melalui proses pembelajaran. Hal ini dimaksudkan agar pengetahuan tentang menulis dapat dipraktikkan menjadi suatu yang nyata dalam menghadapi tantangan global.

Salah satu dari keempat keterampilan tersebut yang masih tak dihiraukan adalah keterampilan menulis. Pada tataran paling bawah, menulis mungkin hanya sebuah aktivitas membuat huruf (angka dan sebagainya) menggunakan media/alat tulis. Tetapi, pada tataran paling atas, menulis merupakan suatu keterampilan menuangkan ide, gagasan, dan/atau pendapat dengan menggunakan media tertentu. Kebiasaan ini yang perlu ditumbuhkembangkan dalam diri setiap orang agar selalu melatih diri sedini mungkin untuk dapat menghasilkan dan merumuskan pemikiran baru melalui tulisan. Karena menulis merupakan suatu upaya menuangkan ide atau gagasan baru untuk sebuah kemajuan, maka diperlukan keberanian dan keyakinan pada diri sendiri untuk melakukannya.

Keterampilan menulis yang dimiliki mahasiswa hingga saat ini masih sangat rendah. Salah satu penyebab menurunnya minat mahasiswa dalam menulis yaitu penggunaan media untuk menulis dan menyebarkan tulisan. Banyak mahasiswa yang merasa malas menulis karena media yang dipakai bersifat monoton. Selain karena memang tidak ada niat dan motivasi dari dalam diri, juga penggunaan kertas sebagai satu-satunya media dalam memberikan pelajaran, tugas, latihan, dan diskusi, sehingga anak didik tidak mampu berkreasi bahkan sulit berinovasi.

Berdasarkan permasalahan di atas, salah satu media yang diyakini dapat mengembangkan keterampilan menulis yakni blog. Belum banyak ahli yang dapat mendefinisikan blog secara tepat. Namun, mengutip apa yang disampikan oleh English Dictionary bahwa blog adalah “a regular record of your thoughts, opinions, or experiences that you put on the internet for other people to read”. Blog adalah catatan tentang pemikiran, pendapat, atau pengalaman seseorang yang di sebarluaskan di internet dengan tujuan agar orang lain dapar mengakses dan membacanya. Bahkan lebih dari itu, pembaca dapat secara tidak langsung mengapresiasi tulisan tersebut. Menjadikan blog sebagai buku harian yang menuliskan berbagai peristiwa yang dialami oleh mahasiswa dapat menjadi langkah awal menumbuhkan semangat menulis. Sejalan dengan pemikiran tersebut, Rachman Hakim dalam Elex Media Komputindo (2010:1) mengungkapkan, pemilik blog biasanya menuliskan berbagai catatannya ke dalam blog pribadinya, seperti halnya buku harian. Hasil dari tulisan itu dapat dilihat secara online melalui internet. Selain tulisan dapat pula ditambahkan gambar, video, bahkan bisa pula mengunggah fail yang dimungkinkan diakses oleh para pembaca.

Dengan hadirnya blog sebagai suatu media yang akan dipakai dalam menunjang keterampilan menulis yang terpendam dalam diri setiap  mahasiswa, maka diharapkan mampu mengubah kejenuhan atas media-media yang selalu monoton itu. Dalam konteks pembelajaran bahasa Indonesia, keterampilan menulis melalui media blog dapat dipraktikkan dalam materi-materi dan tugas-tugas yang menuntut daya nalar dan imajinasi. Hasil pemikiran yang sudah dikonsepkan kemudian ditulis atau dimuat ke dalam blog. 

Keterampilan menulis melaui media blog juga dapat meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam berpikir. Wujud dari berpikir kreatif itu bukan hanya dalam menghasilkan gagasan baru, juga dapat berupa kemampuan mengubah gagasan yang sudah ada, mengembangkan gagasan yang pernah ada, atau menggabungkan gagasan-gagasan yang sudah ada sebelumnya dengan tulisan yang baru dengan gaya yang sedemikian rupa dalam menampilkan tulisan agar dapat menarik minat baca para pengunjung blog. Kendati demikian, tetap hindari aktivitas plagiat dan jangan pernah mempelajarinya.


Referensi
Hakim, Rahman. 2010. Cara Cerdas Mengelola Blog. Jakarta: Elex media Komputindo.
https://antonwidawan.com/wp-content/uploads/2016/12/cara-upload-file-ke-blog.jpg

==========
Oleh:
ariesrutung95

Post a Comment

Jangan lupa tinggalkan komentar.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA