Program aplikasi yang harus ada pada laptop yang baru diinstall ulang

Hari ini, semua orang sudah paham tentang cara menginstall ulang komputer. Namun, masalah yang sering dihadapi adalah ketidaktahuan memilih aplikasi mana saja yang harus dipasang pada komputer yang baru diinstall itu. Berikut ini saya mencoba berbagi informasi dan pengalaman tentang aplikasi yang saya pasang pada sebuah komputer menginstall ulang.

Aplikasi Desain
Aplikasi desain yang dimaksudkan di sini adalah semua aplikasi yang dapat dipakai untuk merancang (web, bangunan, dsb). Jenis aplikasi desain antara lain, Photoshop, Corel Draw, Auto Cad, Notepad, Dreamviewer, dan lain-lain. Untuk standar dalam dunia teknisi yang sering melakukan instalasi ulang komputer (sistem operasi), aplikasi desain yang dipakai biasanya tidak terlalu diutamakan, tergantung permintaan pelanggan. Kendati demikian, seorang teknisi tetap akan memberikan aplikasi yang ringan dan familiar untuk desain yaitu Photoscape dan Photoshine.
Gambar 1. Aplikasi Desain
Aplikasi Multimedia
Aplikasi multimedia adalah semua aplikasi yang dapat digunakan untuk memutar file-file audio, video, dan/atau film. Jenis-jenis aplikasi yang biasanya dipakai antara lain, untuk pemutar file audio/music biasanya akan dipakai winamp atau aimp. Sedangkan untuk memutar film/video, aplikasi yang dipakai yakni Klite Codec, VLC, Gom Player, dan lain-lain.

Aplikasi Burning
Aplikasi burning dipakai untuk memasukan file baik audio, video, document, dan/atau aplikasi ke dalam sebuah kepingan CD. Aplikasi yang familiar digunakan yakni Nero, Ultra ISO, dan/atau ImgBurn.

Aplikasi MS. Office
Aplikasi yang satu ini tidak asing lagi bagi pengguna komputer. Aplikasi ini mutlak ada dalam sebuah komputer. Kegunaanya adalah untuk mengolah file Word, Excel, Power Point, dan lain-lain. Semua versi masih bisa ditemukan hingga saat ini, mulai dari office 2003, 20007, 2010, 2013, dan yang terbaru 2016. Versi paling bawah biasa kita temukan di rental-rental pengetikan karena sangat ringan.

Aplikasi Browser
Aplikasi browser dipakai untuk membuka file-file berformat html dan format-format lain yang mendukung serta untuk membuka situs-situs atau segala sesuatu yang berhubungan dengan jaringan internet. Aplikasi yang sering dipakai untuk kegiatan berselancar di internet antara lain, Mozzila Firefox, Google Chrome, Opera Mini, dan lain-lain.

Aplikasi Compression
Aplikasi compression yaitu aplikasi yang untuk membuka file-file yang dikemas dalam satu file arsip yang hanya dapat dijalankan/dibuka apabila dalam komputer tersebut terdapat aplikasi WinRAR, PeaZip, 7zip.

Aplikasi Anti Virus
Sama halnya dengan aplikasi ms. Office, aplikasi anti virus juga mutlak ada dalam sebuah komputer. Aplikasi ini bertujuan melindungi kinerja komputer dari serangan virus, baik virus lokal maupun virus dari luar (ketika terhubung dengan internet). Aplikasi antivirus yang lazim dipakai antara lain, Smadav, Avast, AVG, Norton, McCoffe, dan lain sebagainya.

Aplikasi Pembaca File PDF
Aplikasi pembaca pdf adalah aplikasi yang khusus digunakan untuk membaca file-file yang bertipe dot pdf. Selain itu, untuk jenis tertentu, aplikasi pembaca pdf dapat digunakan untuk mengubah file bertipe word, excel, dan atau file oofice lainnya menjadi file pdf dan sebaliknya. Aplikasi yang sering digunakan untuk kegiatan ini antara lain, PDF reader, Foxit Reader, Nitro Professional, dan lain sebagainya.


==========
Oleh:
ariesrutung95

Post a Comment

Jangan lupa tinggalkan komentar.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA