Membuat Jadwal Shutdown Komputer Secara Otomatis

Sebenarnya tutorial ini saya tulis bukan semata-mata untuk menjelaskan tentang cara mematikan komputer secara otomatis. Justru saya temukan sebuah masalah pada notebook seorang pelanggan, di mana notebook tersebut tiba-tiba shutdown dengan sendirinya setelah beberapa detik dinyalakan. Kecurigaan pertama saya justru tidak langsung pada task schedule, tetapi kemungkinan suplay daya yang tidak cukup untuk dipasok ke semua komponen notebook sehingga membuatnya tiba-tiba mati. Setelah saya masuk ke pengatuan BIOS dan saya tinggalkan sebentar, notebooknya justru tidak mati. Barulah kemudian saya mencurigai adanya kesalahan pada OS. Setelah dicari tahu, termasuk membaca tutorial di internet, ternayata ada yang salah dengan script task sceduler yang dibuat untuk mematikan notebook tersebut secara otomatis.
Sebagai pengalaman, saya membagikan apa yang saya lakukan sebagai upaya membenarkan script scheduler untuk mematikan notebook tersebut. Berikut ini langkah-pangkah yang saya lakukan.
  1. Buka program task schedule dengan cara klik tombol start, ketikan task schedule pada kolom searh program and file. Lihat gambar di bawah ini.
    ariesrutung/doc1
  2. Setelah dijalankan, akan terbuka sebuah jendela task scehduler. Perhatikan pada bagian kanan, klik pada creat basic task untuk membuat jadwal baru. 
    ariesrutung/doc2
  3. Isikan form yang tersedia pada jendela yang muncul. Pada kolom name isikan nama jelaskan apa yang anda lakukan pada kolom description. Lihat gamabr di bawah ini sebagai contoh. 
    ariesrutung/doc3
  4. Selanjutnya, masuk pada jendela trigger. Di sini kita akan mengatur jadwal shut down otomatis komputer. Sesuaikan dengan keperluan. Pada tutorial ini kita akan mengatur jadwalnya pada daily (harian). Liha tgambar sebagai contoh. pada kasus uyang saya cetritakan di atas, pada bagian ini yang dipilih adalah when the computer starts. Pantas saja langsung mati setelah beberapa detik dinyalakan.
    ariesrutung/doc4
  5. Kemudian pada jendela berikutnya yaitu daily, tentukan waktu (tanggal dan jam) dimulainya script shutdown.
    ariesrutung/doc5
  6. Selanjtunya, masuk pada jendela action, pilih aksi atau perintah yang akan dijalankan. Di sini kita hanya memilih start a program. Atau bisa juga memilih display a message untuk menampilkan pesan bahwa komputer akan dimatikan.
    ariesrutung/doc6
  7. Jika pada langkah 6 di atas kita memilih pilihan start a program, maka pada tahap selanjutnya akan ditampilkan jendela pada gambar di bawah ini. Pada kolom program/script klik pada browse yang akan mengantar kita pada direktori C, Windows, System32, kemudian pilih shutdown.exe. jika sudah ditambahkkan pada kolom program/script, tambahkan /s (scrip untuk shutdown) di dibelakang file shutdown.exe. lihat gambar. 
    ariesrutung/doc7
  8. Pada langkah selanjutnya, akan muncul pesan apakah ada akan menjalankan program C:\Windows\System32\shutdown.exe yang ditambahkan dengan script /s? Klik OK.
    ariesrutung/doc8
  9. Sampai pada langkah di atas, script untuk mematikan komputer secara otomatis sudah berjalan.
  10. Jika ingin menghapus cript yang sudah dibuat, masuk pada folder task scheduler library, carikan script yang pernah dibuat. Untuk menghapusnya, klik kanan pada script dan pilih delete.
    ariesrutung/doc9

    ariesrutung/doc10

Selamat mencoba.


=========
Autor:
ariesrutung

Post a Comment

Jangan lupa tinggalkan komentar.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA