Cara Mengembalikan Data yang Terhapus pada Kartu Memori - CardRecovery

CardRecovery merupakan salah satu jenis aplikasi yan dapat dipakai untuk mengembalikan file atau data yang terhapus. CardRecovery paling sering digunakan untuk mengembalikan file pada kartu memori camera. Untuk review lengkap dari aplikasi ini, Anda dapat membacanya di www.cardrecovey.com. Pada tutorial ini, saya memnggunakan Hiren BootCD yang salah satu fiturnya adalah aplikasi CardRecovery ini. Untuk mengembalikan data, silakan Anda simak beberapa langkah berikut ini:
  1. Jalankan aplikasi CardRecovery (jika sudah diinstal). Jika menggunakan Hiren BootCD, Anda dapat mengikuti langkah-langkah sesuai dengan gambar yang ditampilkan di bawah ini. Pada dasarnya sama saja. Perbedaanya mungkin Anda menggunakan sistem operasi sungguhan jika aplikasi CardRecovery diinstalkan pada komputer dan sistem operasi pembantu jika menggunakan Hiren.
  2. Jalankan aplikasi BLC Menu pada desktop Hiren sehingga tampil gambar seperti berikut ini. Sekadar informasi, saya menggunakan Hiren BootCD yang support UEFI dan Windows10 x64.
  3. Pada langkah dua di atas, klik menu Data Recovery. Akan tampil sebuah jendela baru seperti berikut ini.
  4. Setelah jendela Data Recovery muncul, klik pada CardRecovery. Hasilnya dapat dilihat pada gambar berikut!
  5. Selanjutnya, klik next.
  6. Perhatikan! Pada gambar langkah 5, arahkan kolom Memory Card drive Letter pada kartu memori yang hendak Anda kembalikan datanya. Dalam kasus ini, posisi kartu memori saya ada di LocalDisk F. Pada Camera and Fail Types, pilih jenis kamera yang Anda gunakan dalam pemotretan dan tentukan jenis fail yang akan dikembalikan, apakah Photos, Videos, dan/atau Audios dengan cara mencentang pada masing-masing tipe fail. Selanjutnya, pada kolom Destination Folder, silakan tentukan lokasi di mana fail hasil recovery akan disimpan. Usahakan jangan disimpan pada drive yang sama. Jika sudah selesai, klik next.
  7. Jika drive yang anda gunakan ternyata ukurannya tidak lebih besar dari fail yang henda dikembalikan, akan muncul pesan seperti berikut ini. Silakan arahkan ke lokasi yang lain yang ruang free-nya masih luas.
  8. Setelah selesai menentukan lokasi, silakan klik next. Maka proses pengembalian data akan segera berlangsung. Lama dan cepatnya proses recovery tergantung pada banyak dan sedikitnya fail yang hilang.


Sekian, selamat mencoba!

==========
Author:
ariesrutung95

Post a Comment

Jangan lupa tinggalkan komentar. Kritiklah sesuka Anda!

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA