Beberapa Masalah Fingerprint SPC Expert Series

Menyetel mesin sidik jari memang mudah. Akan tidak mudah jika dihadapkan pada beberapa masalah yang kita sendiri tidak tahu cara mengatasinya. Tetapi, bila problem itu berhasil kita atasi, tentulah ada kepuasaan tersendiri. Apalagi, jika cara penyelesaian itu kita yang temukan. Di bawah ini beberapa masalah yang umum terjadi pada mesin sidik jari (fingerprint) SPC expert series.

Perubahan Jadwal
Jika seorang admin memasang aplikasi TAS (Time Atendace System) yakni aplikasi desktop dari mesin fingerprint SPC expert series pada sebuah PC yang bersistem operasi windows10, maka pahamilah konsekuensi-konsekuensi berikut ini sebelum Anda mengubah jadwal (shift management) pada aplikasi tersebut. Pasalnya, mengubah jadwal dapat menyebabkan aturan-aturan mesin, pun aplikasi TAS tidak berjalan normal. Ketika jadwal diubah, biasanya terjadi eror dan akan muncul pesan “format waktu tidak sesuai”, misalnya. Implikasi dari hal di atas, jadwal yang kita ubah tidak akan berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Akan tetapi, untuk aplikasi TAS yang dipasang pada versi windows selain windows10 (semisal windowsXP, 7, dan 8) tidak akan dipengaruhi oleh perubahan jadwal yang dibuat.

Masalah Waktu pada Data Laporan Hasil Download
Pertama, ketika kita mengunduh laporan sidik jari, pada hari tertentu yang kita atur sebagai hari libur kadang-kadang muncul jadwal (waktu masuk dan pulang) meskipun pada kolom hari dan tanggalnya berwarna merah. Mengapa hal itu terjadi? Hal tersebut terjadi karena kita mengunduh data pada bulan yang tidak kita atur tanggal mulai diberlakukannya shift allotment. Agar lebih mudah dipahami, simaklah ilustrasi berikut ini.
Seorang admin mesin fingerprint mengatur tanggal mulai berlakunya shift management dan shift pattern pada 1 Januari 2019. Di kemudian hari, si admin membutuhkan format laporan kehadiran di Desember 2018, maka diunduhlah laporannya dimulai dari 1 Desember 2018 yang merupakan bulan pada tahun berbeda dan bukan tahun atau bulan diberlakukannya shift allotment.
Ilustrasi di atas akan berakibat pada laporan kehadiran sehingga tanggal yang diatur sebagai hari libur-tetap juga menampilkan jadwal kerja seperti pada hari-hari kerja. Cara untuk mengatasinya adalah dengan mengatur jadwal mulai berlakunya shift allotment pada bulan di mana kita hendak mengambil datanya, jika itu pada bulan di tahun sebelumnya dan bukan pada bulan di tahun mendatang. Untuk mengunduh laporan di bulan atau tahun mendatang, kita tidak perlu mengubahnya karena pada checkbox No End Date di menu shift allotment kita berikan tanda centang.

Kedua, data laporan hasil download dari mesin fingerprint SPC expert series tidak menampilkan waktu sesuai dengan jadwal yang diatur pada menu shift management.  Jadwal masuk dan keluar (pulang) pada hari yang diatur berbeda dari hari-hari yang lain tidak menampilkan jadwal apa adanya, alias sesuai dengan yang diatur. Justru mengikuti jadwal masuk dan pulang dari hari-hari yang dominan. Untuk lebih mudah memahami, silakan simak ilustrasi berikut ini!
Seorang admin mengunduh laporan kehadiran pada Februari 2019. Data yang diambil adalah data dari 1 Januari sampai dengan 31 Januari. Sebelumnya, si admin mengatur jadwal masuk-pulang pada Senin-Kamis= 07.00-15.00, Jumat= 07.00-14.00, dan Sabtu= 07.00-12.00. Ketika laporannya diunduh, perbedaan waktu kerja tersebut tidak ditampilkan sesuai dengan yang diatur pada Jumat dan Sabtu, tetapi mengikuti jadwal Senin-Kamis yang artinya selama 6 hari kerja jadwalnya sama, yakni 07.00-15.00. Tentu saja ini akan berpengaruh pada diri si pegawai karena jam kerjanya pada Jumat dan Sabtu tidak sesuai dengan parameter 8 jam kerja. 
Mengapa hal tersebut terjadi? Hal tersebut terjadi karena penerapan aturan download data disesuaikan dengan analysis parameter. Coba Anda analisis ulang data yang Anda download dan pada submenu analysis parameter perhatikan tulisan berwarna hijau pada bagian bawah window analysis parameter. Hilangkan tanda centang pada pilihan Holliday + On Duty (allow) yakni memperbolehkan masuk kerja pada hari libur. Bagaimana?

Beberapa masalah di atas sering saya alami dalam kehidupan nyata (keluhan dari pelanggan/pemakai mesin sidik jari SPC Expert Series). Jika Anda memiliki pengalaman dan cara yang lain, silakan berbagi pada kolom komentar, pun jika ingin bertanya. Terima kasih.


=========
Author:
ariesrutung

Post a Comment

Jangan lupa tinggalkan komentar. Kritiklah sesuka Anda!

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA