Actual Time Tidak Muncul pada Laporan Fingerprint SPC Expert Series | Anak Pantai

Actual Time Tidak Muncul pada Laporan Fingerprint SPC Expert Series

Data actual time (in out) pada laporan absensi mesin fingerprint SPC Expert Series tidak muncul padahal di bulan sebelumnya ada. Jam kerja (masuk dan keluar) kosong ketika laporan di-preview atau diunduh dalam bentuk fail excel. Beberapa hal yang perlu diperhatikan jika Anda mengalami masalah seperti ini, diantaranya:


Waktu
Pada beberapa kasus, ada user yang tidak terlalu peduli dengan pengaturan tanggal pada mesin fingerprint. Padahal, ini adalah salah satu faktor utama mengapa data tidak muncul ketika diunduh. Oleh karena itu, pastikan tanggal pada mesin fingerprint sesuai dengan yang sebenarnya alias tanggal pada saat hendak mengunduh data. Selain tanggal  pada mesin fingerprint, tanggal pada komputer juga perlu diperhatikan. Jadi, tanggal antara komputer dan mesin fingerprint harus sama.

Ketidaksesuaian waktu pada komputer dengan mesin fingerprint tentu tidak secara langsung berpengaruh pada laporan yang diunduh hari itu. Hal tersebut disebabkan oleh waktu yang berubah akan mulai diberlakukan pada masa mendatang. Contoh kasusnya dapat Anda baca pada paragraf di bawah ini.

Seorang admin mengunduh laporan pada Agustus 2019. Sebelum mengeklik menu atau pilihan Download All Record atau Download Record, ia melakukan Set Time dengan tujuan agar waktu pada mesin fingerprint sesuai dengan waktu komputer. Ternyata, tanpa ia ketahui waktu pada komputer bukan Agustus 2019 melainkan Agustus 2018. Maka, berubahlah waktu pada mesin fingerprint yang semula Agustus 2019 menjadi Agustus 2018. Pada saat itu, pengaturan tanggal tidak langsung mempengaruhi data laporan.

Sekarang, bergantilah Agustus 2018 ke September 2018. Lalu, user/admin kembali mengunduh data untuk September. User tersebut mengunduh data dengan history record 1 September 2019 sampai 30 September 2019. Hingga kiamat, tentu saja data tersebut tidak akan ada, meskipun waktunya diatur sesuai dengan waktu sekarang. Mengapa? Datanya ada di September 2018 dan Anda mengambilnya di September 2019 yang sama sekali tidak ada user yang melakukan scan finger pada bulan tersebut.

Komputer
Gunakan komputer yang baterai cmos-nya masih normal. Tanda rusaknya baterai cmos dapat Anda lihat ketika pengaturan waktu, misalnya, tidak dapat disimpan. Anda dapat mengubah waktu pada komputer sesuai dengan waktu sebenarnya, tetapi setelah menghidupkan ulang komputer, waktunya akan kembali ke pengaturan sebelumnya.

Mengapa harus menggunakan komputer dengan kriteria seperti ini? Alasanya adalah ketika suatu waktu kita mengunduh laporan, ada user atau admin yang (kadang-kadang) melakukan Set Time terlebih dahulu sebelum Download Record atau Download All Record. Syukur-syukur kalau pengaturan waktu komputernya benar, maka tidak akan masalah. Bayangkan jika tidak!

Shift Management
Faktor utama lain yang menyebabkan data laporan bulanan fingerprint tidak muncul adalah pengaturan shift pada Shift Management. Perhatikan pada pengaturan shift agar sesuai dengan gambar di bawah ini.

Catatan: pastikan pada pilihan Default Shift tercentang.

Download Data
Unduh data sesuai dengan tanggal yang ditampilkan pada mesin fingerprint. Jika selamat sebulan terakhir tenyata pengaturan tanggal pada mesin berubah, maka gunakan tanggal tersebut pada history record. Perhatikan lagi kasus di atas.


==========
Author:
ariesrutung95

Post a Comment

Jangan lupa tinggalkan komentar. Kritiklah sesuka Anda!

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA